Selasa, 11 Desember 2012

ULTAH TAK HARUS DENGAN LILIN DAN BALON

Ah, kaget juga ketika menyadari kalau belum mendokumentasikan cerita ulang tahun Ulan yang ke-8 menjadi tulisan dalam blog. Meskipun dalam bentuk buku selalu terekam.

Sejak di kelas playgroup ulang tahun Ulan selalu dirayakan bersama teman-temannya. Tidak seperti perayaan ulang tahun pada umumnya yang dilengkapi kue ultah, lilin, balon, dan mungkin seorang badut, ulan tahun Ulan selalu dibuat bertema dan insyaAllah mendidik.

Pada ulang tahun ke-4 – saat Ulan kelas TK A, ketika anak-anak mulai belajar mengenal huruf, pesta ulang tahun dirayakan dengan mengajak teman-teman untuk mencocokkan undangan yang diberi inisial nama mereka masing-masing dengan sebuah bingkisan. Bingkisan tersebut berupa tas kain goody bag yang di salah satu sisinya dijahit berupa huruf. Goody bag yang berisi snack tersebut disebar ke sebuah ruangan untuk dicari oleh anak-anak dengan mencocokkan huruf di undangan dan bingkisan. Sambil bermain, anak pun belajar huruf.

Menarik kan?

Tema ulang tahun ke-5 adalah mendongeng. Dongeng sangat disukai oleh anak-anak, apalagi yang mendongeng adalah orangtua sendiri. Mendongeng mampu menciptakan jalinan ikatan antara orangtua dan anak, membangkitkan rasa ingin tahu anak, member informasi, mengajarkan tanpa menggurui, dsb. Tujuan tersirat acara ini memang mengajak orangtua untuk rajin mendongeng kepada anak. Dongeng untuk ultah kali ini bercerita tentang kisah hewan dalam al Qur’an.

Sebelumnya masing-masing teman Ulan diminta memilih kisah hewan apa yang disukainya. Kemudian Bunda Ulan menggambar hewan tersebut dalam kaos disertai surah dan ayat berapa kisah tersebut tercantum dalam al Qur’an. Kaos itu adalah salah satu bingkisan di ulang tahun kelima ini, selain buku cerita tentang kisah hewan-hewan tersebut yang ditulis oleh Ayah Ulan. Di dalam buku tersebut juga tertulis manfaat dan panduan mendongeng. Jadi, sampai di rumah ayah bunda bisa langsung praktek mendongeng.

Ada kabar menarik. Salah satu teman Ulan, Farrel, yang memilih kisah tentang sapi betina saking senangnya tak mau melepas kaos bergambar sapi betina tersebut.

Ulang tahun ke-6 bertema memasak dengan tajuk Happy Cooking: Me, Fruit & Veggie. Pada undangan disertai permintaan untuk membawa celemek. Itu membuat mereka penasaran.

Selain mengajak anak-anak untuk suka makan buah dan sayur karena sedang dalam masa pertumbuhan, juga untuk mengeksplorasi kemampuan peran dan kinestika anak. Terbagi dalam beberapa kelompok, salah seorang diantara mereka berpura-pura belanja buah dan sayur untuk diolah menjadi 2 menu: dadar gulung isi sayuran segar dan salad buah saus jeruk. Mereka sendiri pula yang mengiris buah menjadi bentuk kotak-kotak kecil dan tipis, memotong sayur, mengaduk, dan menikmatinya.

Ulang tahun ke-7 berupa drama yang bercerita tentang seorang anak yang ingin meng-kloning supaya tidak merasa repot menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Jadi, ada yang bertugas membersihkan kamar, membantu ibu, mengerjakan PR, dsb. Ulan dan teman-temannya sudah berlatih peran untuk pertunjukkan ini. Rencananya drama ini akan ditampilkan di depan ayah bunda mereka. Sayangnya, hari H-nya bertepatan dengan liburan sekolah. Para pemerannya pun berlibur, sehingga drama batal ditampilkan.

Pada ulang tahun berikutnya Ulan meminta tema tentang petualangan. Mengingat animo teman-teman Ulan pada permainan Haunted House beberapa waktu lalu, tema ulang tahun ulan ke-8 ini pun disesuaikan dengan minat mereka. Konsepnya berupa permainan bajak laut berburu harta karun, Treasure Hunt.

Setiap anak dibagi dalam beberapa kelompok yang masing-masing berlomba mencari harta karun sesuai petunjuk atau kode yang mereka temukan. Ada 3 skenario untuk menuju lokasi harta karun itu. Tidak sulit sebenarnya menemukan lokasi harta karun tersebut, namun tidak juga terlalu mudah karena masing-masing kelompok mesti memecahkan kode-kode tertentu berupa puzzle, pengetahuan umum, dan soal-soal yang berkaitan dengan pelajaran mereka di sekolah. Sambil bermain, mereka tetap belajar. Agar sesuai tema dan menjiwai peran, teman-teman ulan disarankan memakai kostum bajak laut.

Seru kan?

Malam hari saat menyusun skenario, ulan berujar, “Aku sudah tak sabar nih! Apa kira-kira bajak lautnya bisa temukan harta karun, nggak ya?”

Mau tahu? Ikuti saja kisahnya... (untuk kisah Treasure Hunt, silakan download file ini: http://www.4shared.com/office/cBa3sX0L/treasure_hunt_on_8th_birthday_.html)




Semoga memberi inspirasi

gria jakarta b1/26, 11/12/12

1 komentar:

Lukmanul Hakim mengatakan...

Comment FB dari Irfan Syafii:
Mantapp...pesta ULTAH yg diisi pembelajaran yg lebih baik dan lebih penting dari sekedar pesta makan dan haha hihi...