Minggu, 06 Januari 2013

JAM#1: AWALI HARI DENGAN RIANG

Lagi berusaha untuk membuat buku dengan tema 1 Hari Dekat dengan Anak..Ini Caraku, Bagaimana Caramu? Berikut ini (draft) tulisan awalnya. Boleh diberi kritik dan saran ya... Thanks

Kukuruyuk…kukuruyuk…
Suara kokok ayam mulai terdengar. Burung-burung pun mulai riuh berkicau. Sebentar lagi matahari pagi bersinar. Semua mahluk Tuhan sepertinya telah bersiap diri beraktifitas. Ough! Tidak semua ternyata. Masih ada yang meringkuk di pembaringan. Sang anak masih terlelap karena tidur malam telat. Akankah kita berang dan menganggapnya malas, lalu membangunkannya dengan omelan dan muka seram?
Coba bayangkan jika pagi-pagi sudah dapat omelan, tentu membuat hati dongkol bukan? Jika tiap pagi mengomel, salah-salah oleh anak kita dibilang nenek sihir, he..he..
Hati yang dongkol membunuh kreatifitas. Karena itu, mengawali hari dengan suasana menyenangkan sangat perlu, terutama buat anak-anak yang membuatnya merasa tenang dan nyaman. Dengan pikiran yang tenang –  tidak gondog atau sebal – anak siap berangkat ke sekolah atau beraktifitas.
Bagaimana supaya kita tidak terpicu mengomel dan membuat suasana menyenangkan? Hal-hal berikut bisa diawali:
  1. Selalu berpikir positif setelah bangun tidur. Pikiran positif membangun energi positif dan optimis. Ini adalah langkah awal yang efektif untuk membuat suasana yang menyenangkan.
  2. Membiasakan si anak untuk membuat dan mempersiapkan rencana kegiatan sebelum tidur sehingga tidak terburu-buru di esok harinya.
  3. Selalu memotivasi anak untuk melakukan hal-hal yang luar biasa dan menyenangkan di esok hari sehingga ia terpacu untuk bangun lebih awal dan bergegas melaksanakan rencananya.    

Nah, alih-alih mengomeli anak, kita bisa mendatangi kamarnya, membangunkan dengan elusan di kepala dan ciuman hangat di pipi, kemudian membimbingnya membaca doa bangun tidur.
Ini caraku untuk membangun kedekatan dengannya, bagaimana caramu?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Inspiratif.. Semoga bukunya lekas jadi, ya..

Lukmanul Hakim mengatakan...

Thanks.. Kalau jadi, yang pertama beli ya, he..he..