Minggu, 23 Oktober 2011

‘DEEP BLUE’ vs IMAGINATION

Deep Blue adalah sebuah komputer canggih buatan IBM yang didesain dan diprogram khusus untuk bermain catur. Deep Blue menyimpan lebih dari 4000 posisi permainan, merekam 700000 pertandingan catur grand master, dan mampu mengevaluasi 100 juta kemungkinan posisi per detik (versi terbaru bisa membaca sampai 200 juta per detik).
Tak heran, Deep Blue adalah ‘grand master’ baru dalam percaturan catur Internasional. Ia mengalahkan banyak grand master catur.
Pada February 1996, diadakan eksibisi pertandingan catur antara Deep Blue vs Gary Kasparov, Grand Master International. Dalam eksibisi itu Gary Kasparov mengalahkan Deep Blue dengan score 4 – 2[i]. Apa yang tidak dimiliki oleh Deep Blue dengan semua kecanggihan dan kelebihannya adalah kemampuan berimajinasi. Dengan imajinasilah, Gary Kasparov selalu dapat menciptakan berbagai langkah baru yang belum dimasukkan dalam program komputer Deep Blue.
----------------------------------
 “Imagination is more important than knowledge”, ucap Albert Einstein. Pengetahuan dibatasi oleh fakta yang telah diketahui dan dipahami, sedangkan imajinasi melingkupi seluruh misteri semesta yang kelak akan diketahui dan dipahami. Sesungguhnya imajinasilah yang membentuk pengetahuan. Buah apel yang jatuh di hadapan seorang pemuda yang terkantuk-kantuk hanya akan menjadi sebuah fakta buah yang jatuh. Namun dengan berimajinasi, Sir Isaac Newton mampu memformulakan fakta itu dalam bentuk teori gravitasi.
Imajinasi mampu melewati ruang dan waktu. Jika hanya berkutat pada saat dan tempat dimana ia berada, Jules Verne tak akan mampu membuat buku yang menginspirasi orang-orang ‘menyelam’ ke dasar laut dan bumi (A Journey to the Center of the Earth dan Twenty Thousands Leaugues Under the Sea), jalan-jalan ke ruang angkasa dan mengunjungi bulan (Around the Moon), dan berkeliling dunia dalam waktu yang cepat (Around The World in Eighty Days).
Contoh berimajinasi yang spektakuler dewasa ini adalah kemampuan JK Rowling dalam menulis cerita Harry Potter. Cerita ini menyihir dunia, menciptakan antrian dan animo untuk mengetahui lanjutan kisahnya. Membuka ruang-ruang baru yang bisa dimanfaatkan secara ekonomi: film, fans atau komunitas, asesoris, games atau permainan, franchise, dan lain-lain. Bahkan dari hasil imajinasi itu kekayaan JK Rowling konon melebihi kekayaan Ratu Inggris.
Hmm...siapa bilang berimajinasi tak sanggup mengubah kehidupan?
Yuks, ayah-bunda kita dukung anak-anak kita berimajinasi sehingga mampu menjadi pribadi yang kreatif dan percaya diri.
...berikan mereka kasih sayangmu, tapi jangan sodorkan bentuk pikiranmu,
Sebab pada mereka ada alam pikiran tersendiri.
Patut kau berikan rumah untuk raganya, tapi tidak untuk jiwanya,
Sebab jiwa mereka adalah penghuni rumah masa depan...
Sipp!


[i]  Dalam rematch yang kontroversial, Gary Kasparov dan Deeper Blue (versi upgrade dari Deep Blue) saling mengalahkan

Tidak ada komentar: