Selasa, 03 September 2019

#MLÈTHIKALLY



Salah satu aktifitas reguler tahunan keluarga #doyandolan adalah melaksanakan Family Strategic Planning (FSP) setiap menjelang awal Muharram - pergantian tahun Hijriyah dalam kalender Islam. FSP adalah sebuah upaya keluarga untuk merencanakan aktifitas atau kegiatan keluarga untuk mencapai tujuan tertentu selama setahun ke depan. Periodenya tidak selalu mesti setahun, tergantung kebutuhan keluarga masing-masing. Setidaknya keluarga #doyandolan sudah melaksanakan FSP selama 5x, termasuk tahun ini yang diselenggarakan di lereng gunung Merbabu. Tepatnya di Camping Ground Cuntel.


Jika menengok tahun-tahun sebelumnya, tema FSP #doyandolan selalu berubah. Tiap tema menggambarkan proses perjalanan keluarga. Semoga makin matang dan bermanfaat. Bermula dari Moving Zone, Expossure, Realife_Realize, dan terakhir FindingWHY. Tahun ini mengambil tema: #MLÈTHIKALLY.

Apa itu #mlèthikally? Adalah plesetan yang diambil dari gabungan bahasa Jawa dan Inggris. Berasal dari bahasa Jawa 'mletik' yang berarti memercik atau terloncat (misalnya, bara api) keluar dari kerumunan sehingga tertampak. -ally sendiri adalah imbuhan dari bahasa Inggris yang menekankan suatu kerja. Atau bisa juga diartikan mletik sekali. Bolehlah... Jadi, dalam setahun ke depan idiharapkan aktifitas keluarga akan dilakukan secara mlèthik dan berdampak mlèthik. InsyaAllah.


Tahun ini sesuai dengan FSP sebelumnya, keluarga #doyandolan sudah pindah dan menetap di kota Salatiga. Mulai membuka warung tosotto dan mengembangkan POLJA. Dua terakhir ini menjadi kendaraan atau pusat aktifitas selama setahun ke depan. Tetap mengusung core values: silaturrahim & share. Golden rules atau sekoci selama perjalanan menghadapi badai adalah: al Qur'an & Hadist, Ambil Hikmah, & Solution-oriented. Untuk tahun ini bekal dan sistem pendukungnya lebih tersusun rapi dan teridentifikasi. InsyaAllah akan lebih mudah mencapai tujuan. 




Bunda masih berfokus mengembangkan POLJA ke arah Jawa bagian timur dan pengembangan online class. Alhamdulillah untuk online class ini #doyandolan akan bekerja sama dengan Azza JLB untuk membuat video tutorialnya. Eh, sebelum dipresentasikan, ada tawaran untuk isi kelas jahit ala POLJA di daerah Pacitan. Ternyata, dikabulkan bahkan sebelum diutarakan. Selain di POLJA, bunda juga akan menangani komunitas Ibu Profesional. Ayah akan berfokus pada warung tosotto Mlèthik yang dicita-citakan sebagai tempat hang-out dan pembelajaran. Juga mulai mengembangkan diri sebagai Family Facilitator dengan target membuat modul Family Branding. Sedangkan aktifitas Qaulan akan diisi dengan magang di klinik psikologi dan mengikuti atau membantu workshop-workshop berkaitan dengan pengembangan diri dan SDM. Ini untuk menunjang profesi yang dicitakannya. Selain itu mulai mencari jaringan pertemanan untuk bergabung dengan Global Volunteer dan menafkahi diri sendiri dengan berjualan coklat dan donatela. Yang terakhir pernah dilakukkan saat masih tinggal di Tangerang Selatan.

Nah, itulah rencana dan aktifitas keluarga #doyandolan selama setahun ke depan. Semoga menjadi sebuah doa, dilaksanakan sebaik-baiknya. Semoga Allah SWT meridhoi. Aamiin.

#Do it the best, let GOD do the rest.."










#mlètikally
#doyandolan
silaturrahim_&_share


Tidak ada komentar: